Ketua PAN Lempar Pantun Ganjar-Erick, Gerindra dan PKB Segera Bahas Capres 2024



Ketua Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memberikan respons atas langkah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) yang memberikan sinyal akan mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai bakal capres dan cawapres di Pilpres 2024 nanti.

Menurut Dasco, hal tersebut merupakan prerogatif PAN sebagai partai. Dikatakan, Gerindra bersama PKB yang tergabung dalam koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) akan segera menggelar rapat membahas capres dan cawapres 2024.

"PAN mengusulkan nama Ganjar-Erick saya pikir sah saja karena setiap partai politik tentunya sudah punya hitungan sendiri untuk mencalonkan presiden maupun wakil presiden,” ujar Dasco kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/2/2023).

Dasco mengakui, dalam waktu dekat Gerindra-PKB bakal menggelar pertemuan untuk memantapkan koalisi dan membahas pasangan capres-cawapres yang akan diusung di Pilpres 2024.

“Dalam waktu dekat memang kita dengan temen-temen PKB merencanakan akan mengadakan pertemuan antara kedua ketua umum untuk membicarakan hal yang mungkin perlu dibicarakan dan diputuskan demikian,” ungkap dia.

Lebih lanjut, Dasco mengatakan penentuan akhir pasangan capres dan cawapres yang diusung KIR diserahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Hal itu merupakan kesepakatan dalam koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

“Itu kan nanti tergantung mereka berdua karena pak Prabowo dan Pak Muhaimin tentunya paham bahwa kontrak yang mereka tandatangani mensyaratkan bahwa keputusan tentang capres dan cawapres itu ada pada mereka berdua,” kata Dasco.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menyodorkan nama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjadi capres dan cawapres di Pilpres 2024 ke Presiden Joko Widodo saat pidato pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemenangan Pemilu 2024 dan Workshop di Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (26/2/2023).

"Di sini ada Pak Ganjar dan Pak Erick, Pak, kelihatannya harmonis Pak, sebagai panglima perang kita tunduk pada panglima tinggi (Jokowi). Jadi terserah Bapak," kata Zulhas.

Zulhas pun memberikan sinyal dukungan PAN kepada Ganjar-Erick melalui pantun.

"Jalan-jalan ke simpang lima jangan lupa beli lumpia, kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama insyaallah Indonesia tambah jaya. Itu kata panglima perang, Keputusan ada di panglima tinggi (Jokowi)," ungkap Zulhas.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama